Life Story


Selasa, 12 Februari 2019

Bunga Plastik Wamena "Asal dan namanya"

Kembang cantik dari Wamena ini memiliki banyak sebutan oleh masyarakat di lembah baliem Kota Wamena, Papua.

Disebut Bunga Kurulu karena Persebaran awalnya banyak ditemukan di Kecamatan Kurulu Kota Wamena, Kab. Jayawijaya.




Selain itu,  Karena kembangnya yang tidak mudah kering setelah dipetik hingga berbulan bulan bahkan tahun, Maka sering disebut bunga plastik, bunga kertas atau bunga abadi.

Pada tahun 2015  saya bertemu bunga ini sebagai hiasan meja di salah satu cafe di Melbourne Australia, seketika saya kaget dan penuh tanya, kenapa bunga ini ada di Australia?

Awalnya, saya berfikir bunga ini  Asli Wamena,  hanya tumbuh di lembah Baliem Kota Wamena, tempat saya dilahirkan dan dibesarkan.

Setelah itu sayapun melakukan beberapa survey melalui internet dan informasih yang saya dapatkan adalah,

*Nama sebenarnya bunga ini adalah adalah Strawflower dengan nama latinnya 'Xerochrysum bracteatum'.

*Sebelumnya diklasifikasikan sebagai anggota genus Bracteantha, tetapi sekarang berada dalam genus Xerochrysum.

* Bunga ini Asli Australia  dan termasuk Family Asteraceae, yang mencakup banyak bunga jenis daisy.

Bukan hanya di Wamena saja bunga dengan variasi warna cantik,  putih ungu,  kuning golden,  kuning pucat,  putih pink, cream dan variasi warna lainnya ini mendapat banyak sebutan, tetapi dalam bahasa inggris juga disebut everlasting daisy, golden everlasting, and paper daisy.







By. Agusta Bunai


7 komentar:

  1. Menarik sekali,saya suka bunga ini.
    Tapi sayang bunga ini tak bisa tumbuh di Biak.
    Salam santun dari Bosnik,Biak.

    BalasHapus
  2. Hai kak saya dela dari surabaya jawatimur. Saya ingin sekali membeli bunga kurulu ini tapi tidak ada yang jual di ecommerc. Bisakah kak menjualnya kesaya?

    BalasHapus
  3. Saya ada bungga ni,. Bulan depan saya dari wamena ke jkt

    BalasHapus
  4. Bagaimana cara membeli bunga ini? diJayapura belum tempat yg menjual bunga indah ini

    BalasHapus
  5. Bagaimana cara membeli bunga ini? diJayapura belum ada tempat yg menjual bunga indah ini

    BalasHapus